agus tian Seorang pria yang suka menceritakan pengalamannya mengenai, perkuliahan, kegiatan organisasi, dan juga pengalaman pribadi. saat ini menjadi admin di bondula.com

Terbaru.!! Kartu KIP bisa digunakan untuk melanjutkan kuliah

1 min read

bantuan pendidikan KIP 2020

Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (usia 6 – 21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin: pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS),
peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam / musibah.

Pada Award Kompetisi Film Dokumenter Bidikmisi di Cinema XXI Plaza Senayan, Jakarta, Minggu 13 Oktober 2019, Menristekdikti Mohamad Nasir berkata, bahwa tahun depan bantuan Bidikmisi akan Diganti menjadi Kartu Indonesia Pintar-Kuliah. Hingga lima tahun ke depan, penerima KIP Kuliah ditargetkan mencapai 2 juta mahasiswa. dan diperkirakan untuk kuota dari penerima bantuan KIP akan lebih banyak dibandingkan dengan BIDIKMISI. maka berbanggalah bagi kawan-kawan yang saat ini memiliki kartu KIP dijenjang pendidikan SMA/SMK/ALIYAH, kawan-kawan bisa melanjutkan kuliah dengan program KIP di tahun 2020. semoga apa yang direncanakan oleh pemerintah bisa berjalan dengan semestinya.

Bagaimana jika saya tidak memiliki kartu KIP.?

Jika memang demikian maka disarankan kawan-kawan mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya ke lembaga pendidikan terdekat. Jika siswa tersebut tidak memiliki KKS, orang tuanya dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW dan Kelurahan/Desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran.

Bagaimana jika saya sampai lulus SMA/SMK/ALIYAH tidak memiliki kartu KIP.?

Kawan-kawan bisa bisa mendaftar langsung di program BIDIKMISI dengan melampirkan berkas yang dibutuhkan, seperti surat keterangan miskin, melampirkan surat keterangan penghasilan orang tua dan masi banyak lagi berkas yang kawan-kawan akan persiapkan.

APakah Program BIDIKMISI sama dengan KIP.?

Pada dasarnya kedua program ini sama yakni bantuan pendidikan yang diberikan langsung oleh pemerintah. hanya saja perbedaanya pada tujuan bantuannya. kalau BIDIKMISI yakni bantuan pendidikan bagi mereka yang memiliki prestasi yang mumpuni tetapi berpenghasilan rendah seperti yang tertera pada Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012. Sedangkan program KIP yaitu program bantuan pendidikan bagi mereka yang berpanghasilan rendah dan tidak dilihat dari seberapa berprestasi anak tersebut. Itulah sedikit perbedaan mengenai kedua program bantuan pendidikan.

Apakah KIP bisa dipergunakan di perguruan tinggi Swasta.?

Sayangnya untuk perguruan tinggi swasta banyak yang menolak dengan menggunakan kartu KIP tersebut. Tapi setau saya, setiap perguruan tinggi swasta memiliki program beasiswa khusus untuk diberikan kepada mahasiswa yang bisa dikatakan layak sebagai penerima. Ingat ya kawan-kawan.!!

“manfaatkan potensi dalam dirimu untuk menjenjang karir dimasa depanmu (Agustian Asril).

agus tian
agus tian Seorang pria yang suka menceritakan pengalamannya mengenai, perkuliahan, kegiatan organisasi, dan juga pengalaman pribadi. saat ini menjadi admin di bondula.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *