agus tian Seorang pria yang suka menceritakan pengalamannya mengenai, perkuliahan, kegiatan organisasi, dan juga pengalaman pribadi. saat ini menjadi admin di bondula.com

Sebagai senior, apa pesan buat mahasiswa baru.?

2 min read

tips mahasiswa baru

Selaku senior yang telah banyak makan garam area kampus (hehehe) disini saya akan memberikan tips sederhana bagaimana menjadi mahasiswa yang baik. ingat ya kawan-kawan, menjadi mahasiswa tidak akan lepas dengan namanya membuat tugas dalam bentuk microsoft word ataupun exel. Jadi tips sederhana ini akan membahas kepada kalian mengenai word

Cukup sederhana sih, tapi bermanfaat bagi yang belum mengerti

Mungkin sebagian dari kalian telah mengetahui perintah-perintah apa saja yang terdapat di Microsoft Word, tapi bagi kalian yang belum tau silahkan simak artikel ini baik-baik ya. oke langsung saja tanpa berbelit-belit yang pertama yaitu :

  • Pertama kalian harus belajar page break dan section break di Microsoft Word. Fungsi dari page break berguna untuk secara otomatis masuk ke halaman baru. maksudnya, Jangan sampai kawan-kawan ketika mau membuat suatu laporan dan ingin beralih kehalaman kedua, kawan-kawan malah meng klik enter berkali-kali sampai ke halaman kedua, kan ribet juga. Lalu begitu ada perubahan, kalian harus ngecek lagi tiap awal bab satu-satu. Habisin waktu. Nah untuk perintah section break sifatnya mirip dengan page break, tapi berguna supaya format dari halaman sebelumnya gak dibawa ke halaman berikutnya. Contohnya sederhananya yakni, dengan perintah section break kalian bisa mengatur page number supaya page number yang bertipe i, ii, iii bisa diletakin sebelum atau sesudah page number bertipe 1,2,3. Contoh lainnya, kalian bisa atur supaya ada 1 halaman di laporan kalian yang orientationnya landscape, meskipun yang lainnya potrait semua.
  • Masih di Microsoft Word, cari tahu bagaimana cara membuat heading. coba lihat di microsoft word kalian, ada bagian yg namanya styles. Yang ada banyak kotak-kotak kecil yang tulisannya heading 1, heading 2, dst. Itu bukan hanya buat habisin tempat di Microsoft Word kalian. Itu gunanya supaya kalian bisa format judul bab dan subbab laporan kalian secara otomatis. Contohnya, judul bab bisa dianggap heading 1, lalu di format supaya bold dan posisinya selalu di tengah.
  • Setelah tahu cara membuat heading, kalian bisa minta Microsoft Word agar membuatkan daftar isi laporan kalian secara otomatis. Dulu waktu saya masih pertama kuliah, saya membuat daftar isi dengan cara manual. Cari judul bab dan subbabnya apa aja, halamannya dimana, lalu input satu-satu. Pokoknya banyak menghabiskan waktu. Terus kalo ada perubahan, harus dicek satu-satu lagi. Begitu sudah tahu cara buat daftar isi, cari tahu jaga cara buat daftar tabel dan daftar gambar. Caranya mirip-mirip begitu. Kembali ke cara membuat styles sesuai poin saya di no. 2. Kalo kalian sudah mahir soal ini, akan menghemat banyak waktu.
  • Dan yang terakhir jika kalian ngeprint di tempat print, Usahakan filenya di save as pdf, bukan word ya. Ditakutkan nanti, versi Microsoft Wordnya berbeda antara komputer/laptop kalian dengan di tempat print, jadi bakal berubah formatnya. Jadi jika kalian save dengan format pdf seharusnya kalian tidak perlu khawatir akan ada perubahan font dan paragraf di file yang telah dibuat.

Untuk kalian yang banyak mengerjakan di Exel

  • Belajar shortcut, beberapa shortcut bakal sangat membantu mempercepat pekerjaan kalian. Sebagai contoh, rumus SUM itu ada shortcutnya. Contoh lainnya, kalo kalian mau apply formula ke semua cell di bawah cell yang udah ditulis formulanya, bisa langsung double click di pojok bawah cell yang sudah ditulis formulanya, gak perlu di drag ke bawah, terutama buat yang datanya banyak.
  • Pastikan excel kalian rapi. Maksudnya yaitu Semuanya serba otomatis. Jadi begitu ada perubahan data, kalian hanya tinggal ubah 1 data, lalu semua data lainnya otomatis mengikuti. Saya ngerti kalo ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan untuk seperti ini. Tapi setidaknya, dipikirkan baik-baik. Kalo kalian cari tahu di internet, interpolasi itu bisa dibuat otomatis, pake fungsi INDEX dan MATCH.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian yang baru mengenal kampus. terimakasih juga kepada bang Rudi yang telah memberikan saran kepada mahasiswa yang nantinya akan berguna bagi mereka dan juga bagi saya.

Baca juga tulisan saya mengenai motivasi dan kisah menarik

“jadi mahasiswa harus butuh mental baja, karena banyak mahasiswa out karena cuma modal mental gaya”

agus tian
agus tian Seorang pria yang suka menceritakan pengalamannya mengenai, perkuliahan, kegiatan organisasi, dan juga pengalaman pribadi. saat ini menjadi admin di bondula.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *