babang tampan Orang yang suka melihat hidup orang lain senang, jangan basa basi untuk berkomunikasi dengan saya, langsung pada intinya. Saya penulis dari makassar yang tak tau kunjung pulang ke kampung halaman

Pernah melihat angka 404 pada saat mengakses website.?

1 min read

arti angka 404 page not found di website

bondula.com – Terkadang kita menjumpai halaman yang berisi sebuah angka 404 saat membuka suatu artikel. Memang tidak penting sih, tapi apa kalian tidak penasaran dengan angka tersebut.? kenapa bukan 123 yang muncul.? silahkan simak artikel berikut yang ditulis oleh ka David Stevan.

Tentang angka 404 yang terlihat di website

Kita yang sering browsing internet pasti pernah menemukan tulisan “404 Page Not Found“. Biasanya tulisan tersebut muncul ketika Anda tidak bisa mengakses sebuah situs.

Sebenarnya, angka “404” merupakan suatu kode Hypertext Transfer Protocol (HTTP). HTTP adalah sistem yang digunakan untuk mengatur cara pengiriman data antara dua perangkat, seperti server internet dan komputer Anda.

Sebelum data terkirim, server akan mengirim sejumlah HTTP Header, yang merupakan status kecil mengenai alamat web yang Anda minta. Jika laman web tersebut tidak tersedia, akan muncul kode status “404”.

Lebih lanjut, angka “404” tersebut memiliki maksud. Angka 4 pertama menjadi kode untuk memberitahukan kesalahan pada client. Dengan demikian angka “4” pertama merupakan respons dari kesalahan pada permintaan laman web, seperti ejaan alamat yang salah. Lalu, angka “0” mengacu pada syntax yang salah, Kemudian, angka “4” terakhir menunjukkan kesalahan dalam alamat internet.

Kesimpulannya, “404” merupakan sebuah kode pada kode HTTP. Jika Anda menemukan tulisan tersebut, mungkin Anda bisa mencoba beberapa solusi. Misalnya, memuat ulang laman web tersebut, mencari menggunakan mesin pencari, dan mengetik kembali alamat web lebih teliti – karena bisa saja Anda yang salah mengetik. Jika memungkinkan, Anda juga bisa menghubungi kontak dari situs web terkait.

Ada beberapa kode http yang harus kalian ketahui

  • Kode 404 artinya website/artikel yang anda cari tidak ditemukan
  • Kode 403 artinya website yang anda kunjungi di anggap berbahaya / terlarang
  • Kode 402 artinya dibutuhkan kode pembayaran
  • Kode 303 artinya lihat lainnya
  • Kode 302 artinya ditemukan
  • Kode 301 artinya website atau postingan telah dipindahkan secara permanen
  • Kode 202 artinya permintaan berhasil diterima
  • Kode 201 artinya permintaan berhasil dibuat
  • Kode 200 artinya kode berhasil/ok

Sekian artikel sederhananya, semoga menambah pengetahuan kalian dibidang IT pengkodean. Terimakasih

babang tampan
babang tampan Orang yang suka melihat hidup orang lain senang, jangan basa basi untuk berkomunikasi dengan saya, langsung pada intinya. Saya penulis dari makassar yang tak tau kunjung pulang ke kampung halaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *