agus tian Seorang pria yang suka menceritakan pengalamannya mengenai, perkuliahan, kegiatan organisasi, dan juga pengalaman pribadi. saat ini menjadi admin di bondula.com

Perbedaan aplikasi native, hybrid dan juga web

1 min read

aplikasi native hybrid dan web

Mengikuti perkembangan teknologi memang tidak akan ada habisnya, belum juga selesai belajar satu bidang, eh sudah muncul bidang yang lain. Maka dari itu semangat kita untuk belajar jangan sampai hilang. Artikel kali ini kita akan membahas supatar aplikasi dan juga perbedaanya. mengutip dari bang Boy Panjaitan di website Quora.

Agar lebih mudah memahaminya, disini saya akan mengambil contoh berupa aplikasi mobile seperti android dan juga iOS.

Dalam membuat aplikasi mobile, terdapat tiga cara yang dapat ditempuh yaitu Native, Hybrid dan Web.

  • Aplikasi Native – Adalah aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa asli dari platform tersebut. Contohnya bahasa native dari Android adalah Java (meskipun dukungan dari google sudah berakhir) dan Kotlin, sedangkan untuk aplikasi iOS dapat menggunakan bahasa pemrograman Swift atau Objective-C.
  • Aplikasi Hybrid dibangun menggunakan bahasa pemrograman yang bukan bahasa asli dari platform tersebut namun hasilnya sama-sama memiliki tampilan atau feel yang sama dengan aplikasi native. Biasanya aplikasi hybrid ini mencakup keseluruhan, artinya anda hanya perlu menulis kode satu kali dan dapat dijalankan di semua platform (Android, iOS dan bahkan WIndows Phone). Contohnya React Native (dimiliki oleh facebook) yang menggunakan bahasa Javascript yang notabene adalah bahasa dalam Pemprograman Web dan Flutter (dimiliki oleh google) yang menggunakan bahasa sendiri.
  • Aplikasi Web Dalam platform aplikasi mobile, teknologi web yang sedang booming saat ini adalah PWA (Progressive Web App) yang merupakan aplikasi web yang ditingkatkan sehingga memiliki kinerja lebih baik dan feel serasa aplikasi mobile asli. Salah satu hal yang menarik dari PWA sendiri adalah sistem chaching nya yang dapat mengurangi beban dari aplikasi. Beberapa perusahaan besar sudah menerapkan PWA seperti Bukalapak, Tokopedia, Instagram dan juga Twitter.

Itulah perbedaan dari aplikasi native, aplikasi hybrid dan aplikasi web. simak juga artikel mengenai manfaat dari belajar flutter dan artikel mengenai daftar aplikas khusus menjadi programer.

agus tian
agus tian Seorang pria yang suka menceritakan pengalamannya mengenai, perkuliahan, kegiatan organisasi, dan juga pengalaman pribadi. saat ini menjadi admin di bondula.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *