babang tampan Orang yang suka melihat hidup orang lain senang, jangan basa basi untuk berkomunikasi dengan saya, langsung pada intinya. Saya penulis dari makassar yang tak tau kunjung pulang ke kampung halaman

Membangun Jalan Apa Lebih Baik Aspal atau Beton.?

1 min read

aspal atau beton

bondula.com – Melihat jalan yang dibuat dari aspal adalah hal yang biasa untuk dilihat, bagaimana jika jalan tersebut dibuat dari cor beton.?. Mungkin sebagian orang telah melihat jalan beton tapi saya yakin, masi banyak daerah yang belum menerapkan jalan beton tersebut.

Pertama kali saya melihat jalan yang dibuat dengan beton yakni tahun 2011 di daerah gorontalo. Waktu itu saya memikirkan beberapa hal, apa jalan tersebut layak dan tidak licin digunakan.?. Kenapa pemerintah membangun jalan menggunakan beton, apa beton kuat dibandingkan dengan aspal.?. Atau jalan beton lebih murah dibandingkan aspal. Silahkan simak artikel berikut, (source carla dellima).

Lebih kuat aspal ataukah beton.?

Jalan beton

Konstruksi pada jalan beton biasa disebut dengan perkerasan kaku. Dimana komposisinya terdiri dari plat (slab) beton semen sebagai lapis pondasi dan lapis pondasi bawah di atas tanah dasar. Plat beton biasanya disebut sebagai lapis pondasi karena dimungkinkan masih adanya lapisan aspal beton di atasanya yang berfungsi sebagai lapis permukaan.

Konstruksi jalan beton ini tergolong kuat, sebab memiliki modulus elastisitas yang tinggi. Dalam ilmu teknik sipil, modulus elastisitas merupakan angka yang digunakan untuk mengukur objek atau ketahanan bahan untuk mengalami deformasi elstasi ketika gaya diterpakan pada benda itu. Itu sebabnya, konstruksi jalan beton kerap diterapkan untuk jalan raya dan jalan lingkungan. Tebal jalan beton ini minimal 20cm.

Adapun kelebihan jalan beton

  • Tahan terhadap genangan air dan banjir
  • Biaya perawatan lebih murah dibandingkan jalan aspal
  • Direkomendasikan untuk jalan yang mempunyai tanah dasar yang jelek, dan jalan yang lalu lintas kendaraan beratnya cukup tinggi.
  • Jalan beton tahan lama dari segi penggunaannya

Adapun Kekurangan dari jalan beton

  • Pada proses pembuatan konstruksi, memerlukan perhitungan matang terkait fungsi jalan terutama dikaitkan dengan kapasitas berat kendaraan yang berlalu-lalang.Bila kendaraan yang lewat memiliki bobot yang tinggi, maka biaya konstruksi lebih mahal.
  • Selain perhitungan bobot kendaraan, konstruksi juga harus memperhatikan kehalusan dan gelombang jalan dengan cermat. Karena, jalan beton sangat dipengaruhi oleh proses pengecoran.
  • Pembangunan jalan menggunakan beton memakan waktu yang sedikit lama dibandingkan dengan aspal
  • Dan yang terakhir yakni memiliki suasana yang keras dan gersang dan permukaan yang kurang rata.

Jalan aspal

Jalan aspal atau biasa disebut hot mix, meruapakan konstruksi jalan yang menggunakan bahan pengikat aspal panas. Biasanya campuran aspal panas didatangkan impor, misalnya Shell dan ESSO 2000. Cairan aspal ini sedikit mahal, menghabiskan biaya 60% dari total biaya hot mix.

Adapun kelebihan dari jalan aspal

  • Kondisi jalan lebih halus, tidak bergelombang.
  • Jalan yang diaspal memiliki warna yang gelap, sehingga memberikan dampak secara psikologis rasa aman dan nyaman.
  • Pembuatannya lebih cepat dari pada beton dalam pengerjaan sehari
  • Perawatan jalan ini juga terbilang mudah. Bila ada yang berlubang, tinggal menggali dan mengganti dengan yang baru pada area jalan yang rusak.

Adapun kekurangan dari jalan aspal

  • Jalan aspal tidak tahan terhadap genangan air.
  • Untuk itu diperlukan sistem drainase yang baik. Jika tidak, jalan akan berlubang karena genangan air setelah hujan.

Bagaimana jika beton dan aspal disatukan.?

Jika memang demikian, maka jalan tersebut akan bertahan lama dan enak untuk digunakan. Beton digunakan sebagai dasar untuk menahan beban yang berat, sedangkan aspal digunakan untuk melapisi beton bagian atas agar gaya gesek dan penglihatan dari pengendara tetap fokus pada warna yang hitam. (menurut saya)

babang tampan
babang tampan Orang yang suka melihat hidup orang lain senang, jangan basa basi untuk berkomunikasi dengan saya, langsung pada intinya. Saya penulis dari makassar yang tak tau kunjung pulang ke kampung halaman