agus tian Seorang pria yang suka menceritakan pengalamannya mengenai, perkuliahan, kegiatan organisasi, dan juga pengalaman pribadi. saat ini menjadi admin di bondula.com

Cara Mendaftar KIP Kuliah dan Syaratnya terbaru

1 min read

cara dan syarat mendapatkan kip kuliah

bondula.com – Apa kabar kalian yang saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA, SMK maupun Aliyah. Saat ini kementerian pendidikan telah meresmikan beasiswa yang baru pengganti BIDIKMISI yakni KIP Kuliah. KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan bagi lulusan SMA/SMK/MA yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi akademiknya bagus. Pada tahun 2020, KIP Kuliah akan dibagikan kepada calon mahasiswa sebanyak 400.000 orang.

KIP Kuliah tidak sama dengan BIDIKMISI dimana beasiswa BIDIKMISI didapatkan ketika siswa tersebut telah terdaftar di perguruan tinggi dan telah diseleksi oleh perguruan tempat siswa mendaftar, sedangkan KIP Kuliah didapatkan ketika siswa tersebut memiliki kartu KIP sewaktu di SMA/SMK/Aliyah atau (jika belum memiliki KIP Kuliah bisa melakukan pendaftaran di halaman resminya) dan dinyatakan lulus oleh perguruan tempat siswa mendaftar. Jadi anda yang telah dinyatakan lulus di perguruan tinggi dan telah memiliki KIP Kuliah maka anda langsung mendapatkan beasiswa tersebut. Berikut Syarat dan Caranya untuk beasiswa KIP Kuliah, simak baik-baik.!!

Syarat mendapatkan KIP Kuliah

  • Siswa SMA sederajat yang telah lulus dan memiliki NISN, NPSN dan NIK. Bagi kalian yang telah lulus, maksimal untuk mendapatkan KIP Kuliah 2 tahun sebelumnya.
  • Memiliki prestasi yang baik tetapi keterbatasan ekonomi.
  • Orang tua dari siswa tersebut memiliki atau terdaftar di Kartu Keluarga Sejahtera (Kartu warna Merah)
  • Lulus di PTN yang telah terakreditasi minimal B.

Itulah syarat untuk mendapatkan bantuan pendidikan KIP Kuliah. Silahkan simak caranya.!!

Cara mendaftar KIP Kuliah

  1. Pertama kalian perlu mendaftar langsung di halaman website resmi di kip-kuliah.kemendikbud.go.id
  2. Ketika kaliah telah masuk, silahkan masukan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang benar.
  3. Sistem KIP Kuliah akan melakukan validasi apakah data yang dimasukan layak untuk mendapatkan KIP Kuliah. Jika proses validasi berhasil, maka sistem akan mengirimkan email yang terdaftar berupa kode pendaftaran dan kode akses.
  4. Siswa menyelesaikan pendaftaran sebelumnya dan memilih jalur yang ingin diikuti yaitu jalur SNMPTN/SBMPTN/Mandiri.
  5. siswa menyelesaikan proses pendaftaran di sistem informasi seleksi masuk perguruan tinggi
  6. Bagi siswa yang telah dinyatakan lulus di perguruan tinggi, maka langkah selanjutnya yakni melakukan verifikasi lebih lanjut untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yaitu KIP Kuliah.

Itulah informasi yang dapat saya bagikan, jika masi kurang paham silahkan berkomentar ya, Terimakasih.

agus tian
agus tian Seorang pria yang suka menceritakan pengalamannya mengenai, perkuliahan, kegiatan organisasi, dan juga pengalaman pribadi. saat ini menjadi admin di bondula.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *