babang tampan Orang yang suka melihat hidup orang lain senang, jangan basa basi untuk berkomunikasi dengan saya, langsung pada intinya. Saya penulis dari makassar yang tak tau kunjung pulang ke kampung halaman

Cara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online Paling Mudah

1 min read

cara membayar pajak online

bondula.com – Adanya wabah yang bernama Virus Corona atau yang dikenal dengan covid 19 menyebabkan setiap instansi melakukan pembayaran secara online, entah itu dari bank, angsuran peminjaman dan instansi pemerintah seperti pembayaran pajak kendaraan secara online. Karena dengan adanya sistem pembayaran online, maka pencegahan penyebaran covid 19 bisa diatasi dengan baik dan lebih efisien.

Berikut Tahapan Pembayaran Pajak Online

Perlu diperhatikan, bahwa untuk pembayaran pajak secara online diberlakukan hanya untuk perpanjangan tahunan, jadi bukan kendaraan yang sudah lama tidak berjalan pajaknya, adapun keterlambatanya tidak melebihi dari setahun lamanya. Langsung saja, silahkan simak tahapan pembayarannya :

  • Agar lebih mudah melakukan pembayaran, silahkan download aplikasinya bernama (Samsat Online Nasional atau bisa diketikan di playstore pajak kendaraan online, maka aplikasi akan terlihat di bagian atas).
  • Setelah terinstal, silahkan buka dan ketika ada notifikasi yang meminta izin mengakses perangkat, maka silahkan setujui terlebih dahulu (Izinkan semua ya). Maka akan terlihat tampilan awal dari aplikasi samsat online. Silahkan klik mulai.
  • Setelah anda mengklik mulai, maka anda akan diarahkan ke tampilan kedua yakni, seputar info mengenai, info pajak, e-tbpkp, e-pengesahan stnk dll. Sebelum melakukan pembayaran, silahkan klik pendaftaran di pojok kiri untuk melengkapi data anda.
  • Akan terlihat halaman ke tiga yakni sebuah pemberitahuan, yang mana TBPKP / SKPD dan Stiker Pengesahan STNK akan dikirimkan ke alamat yang tertera di STNK (kendaraan atas nama bapak sendiri) . Jadi jika bapak di manado, namun alamat STNK di gorontalo, maka pengiriman sebuah stiker (tanda pengesahan) akan tetap dikirimkan ke alamat yang tertuju di STNK. Silahkan klik setuju (warna hijau).
  • Maka anda akan di arahkan ke halaman pendaftaran secara lengkap, silahkan isi kolomnya sesuai yang tercantum di kolom tersebut dengan benar. Jika sudah benar data yang di isi, silahkan klik selanjutnya. Jangan lupa masukan email bapak/ibu ya, untuk info selanjutnya jika ada pemberitahuan dari pihak samsat. Jika belum memiliki email, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.
  • Setelah itu, anda akan melihat sebuah informasi sederhana mengenai data yang telah dimasukan sebelumnya dan juga kode pembayarannya yang dapat dilakukan di Bank maupun langsung di ATM. Adapun Bank terkait yaitu (BRI, BNI, Mandiri, BTN, BCA, CMB Niaga, Permata Bank, dan Ecomerce Tokopedia). Silahkan pilih salah satunya ya. Kode pembaran hanya berlaku 2 jam, jika melebih dari 2 jam, maka silahkan ajukan kembali karena kode pembayaran sudah tidak berlaku lagi.
  • Setelah selesai melakukan pembayaran, anda akan menerima sebuah tanda bukti sementara jikalau nanti anda kena tilang, silahkan perlihatkan tanda bukti tersebut (berlaku selama 30 hari) sambil menunggu stiker pengesahan yang asli datang. Stiker pengesahan STNK akan dikirim ke alamat wajib pajak.

Sekian tahapan pembayaran pajak kendaraan secara online, saya rasa bapak bisa megikuti tahapan tersebut dengan mudah, karena saya sudah menjelaskannya secara detail dan sesuai tahapan yang ada. Terimakasih

babang tampan
babang tampan Orang yang suka melihat hidup orang lain senang, jangan basa basi untuk berkomunikasi dengan saya, langsung pada intinya. Saya penulis dari makassar yang tak tau kunjung pulang ke kampung halaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *