agus tian Seorang pria yang suka menceritakan pengalamannya mengenai, perkuliahan, kegiatan organisasi, dan juga pengalaman pribadi. saat ini menjadi admin di bondula.com

Aplikasi pendukung untuk belajar Flutter

1 min read

aplikasi pendukung flutter agar berjalan dengan baik

Oke kawan, sebelumnya saya telah menjelaskan artikel mengenai manfaat dari belajar flutter. Maka pada artikel kali ini kita akan membahas lagi aplikasi apa saja yang akan kita butuhkan untuk mempelajari flutter ini.

Sedikit mengenai Flutter

Ingat ya kawan-kawan, flutter bukan bahasa pemrograman tetapi sebuah SDK atau biasa juga disebut dengan plugin dan flutter juga buka aplikasi ya kawan-kawan, jangan sampai ada yang menanyakan kepada kalian flutter itu apa ya bro, eh kalian malah jawab flutter itu aplikasi (auto buly). sedikit penjelasan tentang SDK maupun plugin, yaitu sebuah tempat atau paket yang didalamnya terdapat beberapa perangkat lunak penginstalan guna untuk memaksimalkan fungsi dari flutter. bagaimana, sudah paham kan apa itu flutter.? oke lanjut ke pembahasan,..

lantas flutter menggunakan bahasa pemrograman apa.?

Flutter mengunakan bahasa pemgroraman DART. dari laman wikipedia, Dart adalah bahasa pemrograman yang dioptimalkan klien untuk pembuatan aplikasi pada berbagai flatform yakni Android dan iOS dan dikembangkan langsung oleh raksasa digital yaitu google.

Aplikasi pendukung untuk belajar flutter

Karena flutter adalah SDK, maka untuk menjalankan flutter terdapat 2 aplikasi yang akan kita butuhkan yakni aplikasi pendukung dan aplikasi untuk menulis kode. Berikut aplikasinya :

  1. Android Studio adalah lingkungan pengembangan terpadu untuk membuat aplikasi android. kenapa harus menginstal android studio.? karena disini kita membutuhkan yang namanya android SDK agar fungsi dari flutter bisa berjalan dengan baik dan kita juga akan memanfaatkan emulator yang terdapat di android studio guna untuk menampilkan bentuk visual dari apa yang kita kerjakan.
  2. Visual Studio Code adalah sebuah teks editor yang bisa dikatakan ringan dan juga handal. Visual Studio Code dibuat langsung oleh Microsoft dan mampu berjalan di berbagai flatform yakni, Mac, windows dan Linux. Memang di android studio juga kita bisa menulis kode, hanya saja saya merasakan begitu besarnya pemakaian RAM pada saat menjalankan android studio tersebut.

Itulah sedikit informasi mengenai aplikasi tambahan untuk memulai belajar flutter. berikut saya sediakan link untuk mendownload aplikasinya semoga bermanfaat. Terimaksih.

agus tian
agus tian Seorang pria yang suka menceritakan pengalamannya mengenai, perkuliahan, kegiatan organisasi, dan juga pengalaman pribadi. saat ini menjadi admin di bondula.com

One Reply to “Aplikasi pendukung untuk belajar Flutter”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *