agus tian Seorang pria yang suka menceritakan pengalamannya mengenai, perkuliahan, kegiatan organisasi, dan juga pengalaman pribadi. saat ini menjadi admin di bondula.com

Apakah mahasiswa harus masuk paguyuban.?

1 min read

apa mahasiswa harus masuk paguyuban

Membahas perkumpulan berarti sama saja kita telah berada di paguyuban tersebut dan berkumpul dengan orang-orang juga merupakan paguyuban. Kalo memang paguyuban sama dengan perkumpulan terus apa bedanya dengan komunitas yang juga perkumpulan.?. Nah ini pertanyaan bagus dan akan saya jelaskan sedikit mengenai paguyuban.

Apa Paguyuban itu.?

Dikutip dari kamus besar bahasa indonesia ( KBBI ) Paguyuban didefinisikan sebagai perkumpulan yang bersifat kekeluargaan, didirikan oleh orang-orang yang sepaham (sedarah) untuk membina persatuan (kerukunan) di antara para anggotanya.

Dan Apa Komunitas itu.?

Saya mengutip dari laman resmi wikipedia bahwa Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan dan lebih umumnya memiliki keterkaitan atau hobi yang cenderung sama. Dari kedua defini ini saya harap kalian sudah mulai paham. Oke kita lanjut ke pembahasan selanjutnya

Berikut Perbedaan dari Paguyuban dan Komunitas

Seperti yang telah saya paparkan mengenai kedua definisi tersebut, maka perbedaan dari paguyuban dan komunitas terletak pada perkumpulannya. Maksud saya begini kawan-kawan, kalau paguyuban kelompoknya bersifat kekeluargaan dan berasal dari daerah yang sama. “Contoh sederhananya yaitu saya berasal dari Provinsi Sulawesi Tengah yang saat ini kuliah di Provinsi Sulawesi Utara, maka mahasiswa yang berasal dari daerah sulawesi tengah akan berkumpul untuk menjalin kekeluargaan di daerah sulawesi utara” (orang-orang yang tergabung didalam paguyuban memiliki hobi dan karakter yang berbeda). Sedangkan untuk komunitas kelompoknya tidak harus dari daerah yang sama berbeda malah lebih bagus dan komunitas juga lebih cenderung untuk berkumpul dengan hobi yang sama. “Contoh sederhanya yaitu, Hobi saya membuat animasi 3D maka saya akan mencari perkumpulan dengan hobi yang sama atau yang saya sukai yaitu animasi 3D dan ini disebut komunitas”. Jadi gimana nih apa sudah paham.? oke saya rasa kalian sudah paham. Simak pembahasan selanjutnya ya kawan-kawan..

Apakah penting paguyuban untuk mahasiswa.?

Pertanyaan ini saya sering dapatkan keorang-orang yang tidak mau diajak berkumpul atau istilah lainnya ingin sendiri. Jika kalian bertanya kepada saya, apakah penting paguyuban untuk mahasiswa.? maka saya akan menjawab,, Ya sangat penting sekali. Alasanya simpel saja bro, kalo di paguyuban orang-orangnya berasal dari daerah yang sama. Secara otomatis ketika kita mendapatkan kesulitan diperantauan maka orang-orang di paguyubanlah yang akan menolong kita terlebih dahulu. Kenapa demikian karena dipaguyuban diajarkan untuk saling membantu apalagi sesama anggota paguyuban maka wajib untuk membantunya ingat bro.!! wajib bukan lagi sunah.

Itulah sedikit pembahasan dari saya semoga kalian yang belum tergabung di paguyuban agar segera bergabung karena itu penting bagi kalian jika menempuh pendidikan diluar daerah. Sedikit pesan saya….

“ilmu bersosialisasi, surat menyurat maupun ilmu vokal kalian tidak akan dapatkan dibangku perkuliahan, ingat cuma ada di organisasi/paguyuban/komunitas”

Berikut bacaan mengunggah semangat

agus tian
agus tian Seorang pria yang suka menceritakan pengalamannya mengenai, perkuliahan, kegiatan organisasi, dan juga pengalaman pribadi. saat ini menjadi admin di bondula.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *