agus tian Seorang pria yang suka menceritakan pengalamannya mengenai, perkuliahan, kegiatan organisasi, dan juga pengalaman pribadi. saat ini menjadi admin di bondula.com

1 tahun nganggur dan 2 Kali pindah kampus – mahasiswa modal nekat

1 min read

bondula.com

Perkenalkan nama saya agustian asril, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang perjuangan saya. yap judul diatas mengenai 1 tahun nganggur 2 kali pindah kampus adalah kehidupan real saya.

pada waktu itu saya masi duduk dibangku kelas XII SMA tahun 2013, banyak dari mereka yang telah mempersiapkan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. dan meski saya anak yatim, tekad saya untuk masuk ke perguruan tinggi tidak kendor begitu saja. saya tau orang tua saya tidak bisa membiayai saya, tapi saya tetap mencoba untuk daftar di perguruan tinggi dengan modal nekat. berjalannya waktu, momen yang ditunggu telah tiba yaitu pengumuman apakah lulus masuk diperguruan tinggi atau tidak.

bondula.com

yap saya waktu itu tidak lulus, jujur waktu itu saya belum menerima kenyataan tersebut, kenapa saya tidak lulus sedangkan yang lain bisa. saya bertanya-tanya terus.? setelah beberapa saat terlintas dibenak saya, owh mungkin ini adalah rencana tuhan. saya melapangkan dada saya untuk bisa menerima hasil itu, yap pada tahun selanjutnya yakni 2014 saya mencoba mendaftarkan lagi dikampus yang saya sukai itu, berbagai cara saya lakukan agar bisa lulus di kampus tersebut, dari mengikuti Bimbel dan mengikuti kelas gratis yang membahas tentang soal-soal yang akan diujiankan nanti. setelah beberapa minggu menunggu pengumuman tes SBMPTN yang akan diumumkan pada bulan juni 2019, mungkin dari sebagian kawan-kawan berpikir pasti lulus, kan sudah pengalaman tahun kemarin.

Yap dan hasilnya saya tidak lulus lagi, kira-kira kalau teman-teman berada diposisi saya, apa yang akan kalian lakukan.?, pemikiran saya waktu itu, bahwa mungkin ini adalah takdir, takdir dimana saya tidak bisa kuliah dikampus yang saya sukai. dan terlintas dibenak saya, ya sudah saya pasrah aja dan saya memilih kuliah ditempat lain. seiring berjalannya waktu menjadi mahasiswa ditempat yang saya tidak sukai tersebut waktu itu tahun 2014, saya merasakan hal yang tidak enak, saya malas kuliah, jarang masuk, dan intinya saya tidak memiliki semangat seperti mahasiswa lain saat berkuliah, kalau disamakan kayak terpakasa gitu. ya jadinya saya bekerja disuatu tempat untuk mencari penghasilan tambahan.

waktu terus berjalan sampai pada tahun 2015 seketika itu terlintas dibenak saya, kayaknya saya harus mencoba lagi untuk mendaftarkan diri saya masuk diperguruan tersebut. saya mempersiapkan diri saya untuk tes kembali dan setelah waktunya tiba yakni tes SBMPTN saya bertekad saya harus lulus, dan jika saya lulus saya harus mengambil tindakan yang mungkin sebagian orang akan berpikir bahwa saya bodoh, rugi sudah semester 2 mau pindah dan masih banyak lagi yang akan mereka pikirkan kepada saya.

bondula.com

dan tiba saatnya pengumuman, saat itu saya berpikir kalau saya tidak lulus lagi, mungkin memang tuhan tidak mau saya kuliah ditempat tersebut. dan alhasil alhamdulillah saya lulus. dihari itu saya senang sekali saya bisa lulus ditempat yang saya sukai. sangking senangnnya saya tidak berpikir panjang lagi untuk meniggalkan kampus tempat saya kuliah tersebut. semangat saya untuk kuliah begitu besar dan saya merasakan kebahagian menjadi mahasiswa walaupun banyak kendala yang saya hadapi. karena pada dasarnya suatu profesi yang kalau kita senangi akan berdampak positif terus terhadap kendalah yang kita jalani.

itulah pengalaman saya, dilain waktu saya akan berbagi bagaimana saya bisa kuliah ditempat yang berbeda dengan modal nekat, bukan modal uang. pesan dari kisah saya yaknik “jangan pernah menyerah dan berputus asah ketika yang kita lakukan itu gagal, karena kegagalan adalah pengalaman yang paling baik”.

agus tian
agus tian Seorang pria yang suka menceritakan pengalamannya mengenai, perkuliahan, kegiatan organisasi, dan juga pengalaman pribadi. saat ini menjadi admin di bondula.com

2 Replies to “1 tahun nganggur dan 2 Kali…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *